Biografi Dr 'Aidh

Assalamualaikum wbt

Menulis dan memberi tentang La Tahdzan, tapi penulisnya tk pernah diperkenalkan. Hurm, asalnya nk terjemah dalam bahasa Melayu, tapi takpe lah kot. sume faham kot? =)

Selamat bertaaruf dengan Dr 'Aidh!!

***************************************************

Lahir di selatan wilayah Arab Saudi, Aidh berasal darikabilah Al-Qarni, 47 tahun silam. Bapaknya, Abdullahal-Qarni, seorang ulama yang berkecukupan.Menyelesaikan studi S-1 sampai S-3 di UniversitasIslam Imam Muhammad bin Sa’ud, Riyadh, Arab Saudi,Aidh pun menjadi pakar hadis.Kecerdasannya dalam memahami dan menghafal seluruh isiAl-Quran (pada umur 23), ditambah 5.000 hadis dansekitar 10.000 syair Arab, mengantarkan dirinyamenjadi penulis produktif dan penceramah populis.

Berikut kutipan wawancara dengan ayah tiga putra dan enam putri dari dua istri itu.

Peristiwa apa yang mendorong Anda menulis La Tahzan?

Dipenjara selama 10 bulan, sekitar 10 tahun lalu,itulah salah satu peristiwa yang mendorong sayamenulis La Tahzan. Saya ditahan karena menerbitkanbeberapa bait syair berkaitan dengan politik. Nah,selama di penjara, saya banyak membaca buku mengenaimusibah dan problematika manusia, pembunuhan, sertahubungan bapak dengan ibu atau anak dengan orangtua.Ini mendorong saya untuk memberikan solusi kepadamereka.

Sesedih apa Anda di penjara sehingga menghasilkan LaTahzan?

Sebenarnya kesedihan bukan masalah bagi saya. Tidakbanyak kesusahan selama saya di penjara. Sebab waktuitu saya ditempatkan dalam tempat khusus dandiperlakukan dengan hormat (Aidh ditahan bersamabeberapa ulama Saudi yang vokal terhadap pemerintah).

Gaya penulisan La Tahzan sangat khas. Dari mana Anda mendapatkan inspirasi itu?

Saya sulit mengatakan dari mana. Saya memilikiperpustakaan pribadi yang jumlah bukunya mencapai10.000 judul. Untuk menulis La Tahzan, saya gunakanlebih kurang 300 buku dari berbagai bahasa sebagairujukan. Mulanya saya menulis bab per bab. Tapi, sayapikir, orang akan bosan dengan cara penulisan sepertiitu. Maka, saya buat berlika-liku seperti sebuahtaman, sehingga pembaca seperti berjalan di tempatyang indah.

Apakah ini gaya penulisan baru dalam khazanah perbukuan Arab?

Ya, ini metode yang baru dipakai dalam buku-buku Arab.Saya belum pernah melihat sebelumnya. Tapi ini sebenarnya metode dari Barat.

Siapa penulis Barat yang memberi inspirasi pada Anda?

Dale Carnegie! Ia menulis buku tentang motivasi.Judulnya How to Stop Worrying and Start Living, yangdicetak hingga 8 juta eksemplar.

Berapa lama Anda menyelesaikan La Tahzan?

Saya susun selama tiga tahun dan mengeditnya tiga kalisetiap menulis satu bagian buku.

Apakah Anda menduga buku ini akan laris?

Saya tidak menduga sama sekali. Ini pelajaran pentingbagi banyak orang, baik penulis maupun penceramah,sepandai apa pun ia berpidato dan mengungkapkankata-kata indah, ia harus memohon kepada Allah(yahtasib billah). Setiap kali umrah di Mekkah, sayaselalu berdoa kepada Allah agar diberi kemampuanmenulis sebaik-baiknya.

Berapa banyak keuntungan finansial yang Anda dapatkandari buku yang sudah dicetak jutaan eksemplar ini?

Waktu buku itu pertama kali terbit, saya hanyamendapat sedikit, 10% dari buku itu. Sebab waktu itubuku saya banyak yang dicekal. Saya serahkan hakciptanya kepada teman-teman pengusaha. Alhamdulillah,berkat keikhlasan itulah buku saya tambah laris.

Berarti Anda tidak mendapatkan apa-apa dari penjualan sekarang ini?

Ya, saya tidak menerima apa-apa. Banyak ulamamenyarankan agar saya memperbarui kontrak buku itu.Ada semacam pelanggaran hak-hak saya. Tapi saya belummelakukan apa-apa. Saya serahkan semua kepada Allah.

Anda menyesal telah menjual hak cipta buku laris itu?

Tidak, saya bahagia. Saya orang yang kaya! Dan ituberkat doa umat Islam. Itu lebih berharga daripadaharta. Selain membuat saya terkenal, yang terpenting,La Tahzan telah memberi banyak manfaat pada umatmanusia.

Apakah hak cipta buku-buku lainnya Anda jual juga?

Hanya tiga-empat judul buku yang hak ciptanya sayajual. Di luar itu, hak saya.

Di Indonesia, banyak buku dicetak tanpa izin Anda….

Semoga Allah mengampuni mereka. Secara pribadi, saya sangat bersyukur buku saya menyebar di mana-mana;orang memanfaatkannya dan mendoakan saya. Doa lebihberharga daripada harta.

Apa manfaatnya harta dankedudukan?

Di mana Soekarno dan Soeharto sekarang?Semua hanya milik Allah (Aidh tertawa).

Anda dikabarkan hendak mundur dari dunia dakwah karenatuduhan bahwa Anda khawarij, ulama penguasa,plin-plan, dan oportunis….

Kisah mundur dari dakwah itu tidak benar. Ceritanya,waktu itu saya menulis syair yang isinya mengatakanbahwa saya akan beristirahat beberapa bulan gunamengatur dokumen-dokumen di rumah saya. Tapi orangmenafsirkan saya mundur dari dakwah. Padahal, dakwah itu tidak boleh berhenti sampai kita mati.

Jenis ulama seperti apakah Anda: progresif, radikal,fundamental, atau moderat?

Saya ingatkan terlebih dahulu sebuah ayat Al-Quran,Falaa tuzakku anfusakum (Jangan menilai atau memujidiri sendiri). Saya memandang diri saya, tanpa berniatmemuji, sebagai orang yang moderat. Tidak kiri, tidakkanan; tidak keras, tidak lemah. Saya ini orangmoderat yang bisa mengerti semua pihak.

Apa pendapat Anda soal kebebasan berekspresi?

Islamlah yang mengajak orang untuk memiliki kebebasanberekspresi. Tapi ada dua syarat dalam hal ini. Jangansampai menghina suatu agama dan, kedua, jangan sampai merusak dan memfitnah orang lain.

Apakah pembuatan dan pemuatan karikatur Nabi MuhammadSAW di koran Denmark itu satu bentuk kebebasan berekspresi?

Baik ulama Islam maupun orang Barat sekalipunmenganggap itu bukan bentuk kebebasan berekspresi,melainkan suatu penghinaan. Buktinya, mereka tidak mauterima ketika ada penolakan soal Holocaust.

Ataukah kasus karikatur itu bisa dilihat sebagaibentuk perbenturan peradaban?

Tidak. Ini bukan perbenturan peradaban. Itu tindakanbodoh saja. Saya banyak bertemu dengan orang Amerika,Barat. Mereka sangat hati-hati dan memperhitungkanumat Islam.Islam selalu dikaitkan dengan isu terorisme.

Apa catatan Anda untuk hal ini?

Ini terjadi karena kebodohan segelintir orang Islamyang melakukan pengeboman di Gedung WTC, Amerika.Akibatnya, banyak umat Islam yang menjadi korbankarena pengeboman itu. Banyak orang kafir yang menilaiitu sebagai bagian dari ajaran Islam. Padahal, Islam tidak mengajarkan seperti itu! Ulama harus bangkit dan menerangkan Islam sebagai barang yang utuh dan melakukan dialog dengan Barat dan dunia di luar Islam,sehingga mereka bisa memahami Islam dengan yangsebenar-benarnya.

Jika ada orang yang sudah membaca buku Anda tapi tetap saja sedih karena persoalan hidupnya, apa saran Anda?

Anda harus ingat, satu-satunya buku yang bisa memberikan solusi bagi umat manusia adalah Kitab Suci Al-Quran.


Sumber :
http://www.gatra. com/artikel. php?id=93204
http://barokah. wordpress. com/2007/ 03/14/buku- la-tahzan/

CONVERSATION

0 ulasan:

Back
to top